Camping Rohani OMK Paroki Wolosambi Digelar di Pajoreja


Mauponggo[KP]-Orang Muda Katolik, yang sering disebut OMK, Paroki St. Joanne Baptista Wolosambi, Keuskupan Agung Ende, Flores mengadakan kegiatan Camping Rohani OMK yang bertajuk “Build Your Leadership Character To Be A Great Leader in the Frame Of Wolosambi Catholic Youth”. Kegiatan yang dilangsungkan di Kampung Wisata Pajoreja, Desa Ululoga, Kecamatan Mauponggo dibuka oleh Pastor Paroki Wolosambi, RD Arnoldus Yansen Triyono pada tanggal 12 April dan ditutup pada 14 April 2024. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 520 orang yang adalah anggota OMK Paroki St. Joanne Baptista Wolosambi, tersebar di 14 stasi yang berada di Kecamatan Mauponggo, Kabupaten Nagekeo. 
Camping Rohani yang diselenggarakan sebagai program kerja pengurus OMK Paroki Wolosambi ini memiliki tujuan untuk memberi kesempatan pembentukan kepemimpinan yang berkarakter dan menciptakan kader yang setia dalam diri kaum muda Katolik yang tergabung dalam OMK Paroki Wolosambi. 
Menurut Romo Moderator OMK Paroki Wolosambi, RD Gusti, kegiatan camping rohani bertujuan untuk melatih orang muda katolik agar berani memiliki kompetensi bisa memimpin diri sendiri, kepemimpinan yang cerdas secara emosional, kepemimpinan yang mengandalkan hati nurani, dan berpedomankan pada kepemimpinan Yesus. . Di samping itu, OMK dengan sendirinya menciptakan sistem pastoral orang muda di Paroki Wolosambi yang berlandaskan komitmen dan konsistensi, serta kontinuitas dalam menciptakan kader muda katolik yang militan. 
Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut, didesain oleh panitia camping selaras dengan tema yang diangkat dan mengarah kepada tujuan yang menjadi latar belakang sehingga dibuatnya kegiatan tersebut. Kegiatan ini dimulai dengan diskusi dengan tema Kepemimpinan dan kaderisasi, sesi perkenalan antarpeserta sebagai proses membangun rasa kekeluargaan dalam wadah OMK, kemudian dilanjutkan dengan outbond yang menekankan pada nilai-nilai kreativitas, kekompakan, kerja sama, tanggung jawab, dan kecerdasan emosional yang mengarah kepada kepemimpinan orang muda katolik yang berkarakter. 
Selain itu, adapun kegiatan yang menuntut kreativitas peserta dari masing-masing stasi untuk menciptakan produk lokal yang bersumber dari bahan-bahan lokal sebagai perwujudan aksi wirausaha yang akan dikembangkan oleh Orang Muda Katolik Wolosambi. Desain produk lokal yang dirancang oleh anggota-anggota OMK tersebut, dipresentasikan dalam sebuah sesi di camping rohani ini dan akan diproduksi sebagai bentuk aksi nyata dari rancangan tersebut. Dari beberapa kegiatan yang disusun oleh panitia di atas, diharapkan mampu memberi pengaruh positif terhadap segenap peserta camping agar mampu membawa perubahan bagi dirinya maupun aktivitas OMK Stasi sebagai generasi penerus umat Katolik. Di akhir kegiatan ada malam api unggun, yang memberi kesempatan bagi peserta camping untuk masuk kedalam permenungan tentang arti semangat kaum muda yang ditargetkan menjadi pemimpin masa depan, yang dituntut untuk menjadi kader yang militan, setia dan rendah hati. (Aris Loy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *