KPUD Bali Yakin Pemilih Milenial Bali Naik Drastis

Denpasar [KP]-KPUD Bali meyakini jika pemilih milenial Bali akan naik drastis. Ketua KPUD Bali Dewa Gede Agung Lidartawan mengatakan, pemilih milenial Bali kali diyakini tidak akan Golput atau tidak memilih. “Kami yakin jika pemilih milenial Bali yang saat ini jumlahnya naik signifikan tidak akan Golput lagi. Jumlah mereka saat ini sangat banyak bahkan bisa mendekati 30 sampai 40  persen dari total pemilih Bali. Geliatnya sunggu luar biasa. Antusiasme mereka sangat tinggi,” ujar Lidartawan, Selasa (19/3). Antusiasme dan geliat pemilih milenial Bali kali ini sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan, permintaan sosialisasi di komunitas-komunitas kaum milenial di Bali selama ini.

Menurut Lidartawan, hingga saat ini sosialisasi dilakukan secara massif kepada kaum milenial. “Kami berkeyakinan, kaum milenial harus tampil. Saatnya mereka yang berperang, ambil inisiatif, peduli, terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Makanya mereka harus ikut berpartisipasi dalam Pemilu. Kami sudah berupaya maskimal untuk melakukan sosialisasi kepada kaum milenial,” ujarnya. Hingga saat ini sosialisasi sudah dilakukan lebih dari 10 kampus di Bali. Rata-rata peserta bisa sampai dengan 500 orang. Belum lagi Relawan Demokrasi (Relasi) yang direkrut KPUD Bali yang jumlahnya mencapai ribuan dan sangat aktif dari pintu ke pintu meyakinkan pemilih untuk ikut mencoblos tanggal 17 April. Mereka umumnya dari kaum milenial dari berbagai kampus di Bali. Selain itu puluhan komunitas dari berbagai latar belakang di Bali sudah dilakukan sosialisasi dan semuanya antusias bahkan berjanji akan mendatangi TPS masing-masing. Bahkan, para kaum milenial tersebut berjanji akan melakukan sosialisasi kepada temannya, kelompoknya, dan seterusnya. “Kami yakin, sosialisasi kepada kaum milenial sangat massif, sehingga pemilih kaum milenial Bali akan naik drastis,” ujarnya.

Salah satunya KPU Provinsi Bali secara serentak di seluruh Bali menggelar lomba Mural Pemilu Serentak 2019. Kegiatan yang dilaksanakan sebagai wahana sosialisasi serta edukasi Pemilu ini dilaksanakan guna menekan angka Golput. Khusus di Kota Denpasar, lomba tersebut dilaksanakan di Kawasan Jalan Gadung, Desa Dangin Puri Kangin. Pesertanya kaum milenial. Sedikinya terdapat 10 tim yang terlibat. Dimana karya mural yang dihasilkan lebih kepada ajakan untuk memilih serta memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya pemilih pemula untuk menggunakan hak pilih. Ini adalah salah satu sosialisasi kepada kaum milenial dengan menggunakan media seni mural. “Dengan seni ini diharapkan masyarakat dapat tergugah untuk menggunakan hak pilih, sehingga kedepanya dapat menekan angka golput serta menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menggunakan hak pilih,” jelasnya.

Perbekel Desa Dangin Puri Kangin, IGN Putrawan mengaku sangat mendukung adanya lomba mural Pemilu Serentak 2019 ini. Dimana, dengan adanya sosialiasi serta edukasi melalui seni ini dapat lebih mudah dipahami oleh masyarakat. Mengingat, saat ini khususnya di kawasan Jalan Gadung merupakan kawasan pendidikan, dimana terdapat beberapa sekolah seperti halnya SMAN 1, SMA Dwijendra, SLUA Saraswati, serta identik dilalui oleh para pelajar yang notabene adalah pemilih pemula. “Pelaksanaan lomba mural  Pemilu Serentak ini sangat tepat lokasinya, berada di lingkungan pendidikan tentu memberikan pemahaman secara langsung bagi masyarakat, tak hanya pemilih pemula yang didominasi siswa SMA/SMK,” jelas Putrawan.

Sementara, Kepala Kesbangpol Kota Denpasar, I Komang Sugiarta saat dikonfirmasi terpisah menjelaskan bahwa Pemkot Denpasar secara berkalanjutan terus berkomitmen untuk menekan angka Golput di Kota Denpasar. Pihaknya juga mengapresiasi gencarnya upaya KPU untuk terus mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih di masyarakat serta pemilih pemula.

“Dengan adanya lomba Mural Pemilu Serentak ini kami harapkan seluruh masyarakat paham akan pentingnya menggunakan hak pilih, dan bagi seluruh masyarakat termasuk pemilih pemua agar menggunakan hak pilihnya saat pemungutan suara nanti, Ayo Memilih,” ajaknya. A05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *