Mahasiswa dari 7 Kampus di Bali Jadi Relawan Penerimaan Pajak

Denpasar[KP]-Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Provinsi Bali mengerahkan lebih dari 200 relawan atau tepatnya sebanyak 207 relawan untuk membantu masyarakat melapor surat pemberitahuan tahunan (SPT). Hal ini dilakukan karena Kanwil DJP Balimemiliki pekerjaan rumah penting dalam meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak. Dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut, DJP membuat program relawan pajak yang berjalan selama 5 tahun terakhir sejak tahun 2017. Kegiatan relawan pajak ini menggandeng Tax Center pada perguruan tinggi yang sudah bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) di seluruh Indonesia. Selain itu, kegiatan relawan pajak mendorong dan mengajak peran Perguruan Tinggi dalam meningkatkan kesadaran pajak.
Pada tahun 2023 ini, kegiatan relawan pajak di Kanwil DJP Bali diikuti oleh 207 mahasiswa  yang berasal dari 7 perguruan tinggi yang merupakan mitra tax center Kanwil DJP Bali antara lain Politeknik Negeri Bali, Universitas Hindu Indonesia, Universitas Warmadewa, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Dhyana Pura, Universitas Pendidikan Nasional, dan Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2022 yang diikuti oleh 197 mahasiswa. Mulai hari ini,  Jumat (17/2/2023), Kanwil DJP Bali telah melakukan penyerahan relawan pajak secara virtual kepada 7 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan 4 Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) yang berada di lingkungan Kanwil DJP Bali. Relawan Pajak ini akan ditugaskan untuk membantu memberikan asistensi para wajib pajak dalam melaporkan SPT secara daring melalui situs pajak.go.id sejak tangggal 20 Februari sampai 31 Maret 2023. Pada tahun 2023 ini relawan pajak juga akan memberikan asistensi kepada wajib pajak yang akan melakukan pemadanan NIK dan NPWP.
Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Waskito Eko Nugroho menyatakan apresiasi sebesar-besarnya terhadap para relawan dan tax center organisasi mitra Kanwil DJP Bali. “Semoga relawan pajak ini dapat memberikan manfaat baik kepada wajib pajak maupun kepada DJP nantinya,” ujarnya. Waskito menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendukung penerimaan SPT Tahunan. Berdasarkan data kinerja tahun 2022, SPT Tahunan yang telah disampaikan wajib pajak di Kanwil DJP Bali adalah sebanyak 344.892 atau sebesar 104,45% dari target total wajib pajak wajib SPT sebanyak 330.199. Penyampaian SPT tersebut tentu tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk para relawan pajak dan tax center mitra yang telah melayani wajib pajak dalam kegiatan pendampingan atau asistensi. ”Saya berharap relawan pajak tahun ini dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar menambah ilmu sebanyak mungkin di unit kerja nanti, berikan layanan dengan sepenuh hati dan selalu jaga integritas,” imbuhnya.
Pada kesempatan ini, Waskito juga menyampaikan bahwa relawan pajak ikut berperan dalam mewujudkan warga negara yang baik, patuh dan taat pajak. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa maupun perguruan tinggi, serta mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan dan memberikan pengalaman yang tak ternilai harganya. A01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *