PDIP Tegaskan akan Memenangkan Pilkada di 6 Kabupaten di Bali

Denpasar[KP]-Ketua DPD PDIP Bali I Wayan Koster menegaskan, PDIP Bali akan memasang target untuk memenangkan Pilkada serentak di 6 kabupaten dan kota di Bali. Keenam kabupaten dan kota yang akan menggelar Pilkada serentak antara lain Kota Denpasar, Bangli, Karangasem, Badung, Tabanan, dan Jembrana. “Kita sudah harus mulai konsolidasi untuk mempersiapkan Pilkada serentak. Kami akan segera melakukan pemetaan calon-calon yang akan diusung oleh PDIP dalam Pilkada serentak di Bali,” ujar Koster saat ditemui di Denpasar, Senin (12/8). Koster mengatakan, memenangkan Pilkada serentak di Bali sudah merupakan amanat kongres dan arahan langsung dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri. Semua calon yang akan bertarung di Bali akan diusung dari internal kader. Namun sebelumnya akan dilakukan melalui survei dan pemetaan internal terutama mengenai elektabilitas, popularitas, rekam jejak dan sebagainya.
Koster mengakui, jika nama-nama kader PDIP yang bakal maju sudah dikantongi dan tinggal dikeluarkan. Namun sebelumnya harus menjalani sejumlah prosedur di internal partai. Ia menegaskan, untuk Pilkada serentak di 6 kabupaten dan kota di Bali, kader yang diusung adalah kader internal PDIP. “Semua kabupaten bisa diusung sendiri, tanpa harus berkoalisi dengan partai lainnya,” ujarnya. Sekalipun masih mengantongi nama-nama dan belum diumumkan, Koster memberikan bocoran beberapa kepala daerah atau petahana, baik yang saat ini sebagai wakil maupun sebagai kepala daerah. Kader tersebut sudah otomatis maju dalam Pilkada serentak. Sebut saja, di Kota Denpasar, PDIP akan mengusung IGN Jaya Negara yang saat ini sebagai Wakil Walikota Denpasar berpasangan dengan IB Rai Dharmawijaya Mantra. Koster memastikan jika pasangan atau calon Walikota Denpasar juga akan diusung dari kader PDIP. Selain Kota Denpasar, di Kabupaten Badung, pasangan petahana dipastikan akan maju yakni Nyoman Giri Prasta dan Ketut Suiasa dipastikan akan maju dan diusung ulang oleh PDIP. Sementara di 4 kabupaten lainnya akan diusung dari internal kader. Saat ditanya tentang Karangasem yang bukan basis PDIP, Koster mengatakan, kabupaten paling ujung timur Bali itu akan diperhatikan khusus. “Harus menang di Karangasem. Bagaimana pun caranya, harus menang. Kita akan berupaya keras rebut Karangasem,” ujarnya.
Anggaran Pilkada saat ini sudah diajukan oleh KPUD masing-masing daerah. Anggaran sudah diajukan dan semuanya harus dimanfaatkan dengan efektif dan efisien. “Biaya Pilkada serentak ditanggung APBD masinh-masing kabupaten dan kota di Bali. Kita sudah meminta agar hemat. Sebab, kalau Pilkada serentak seharunya lebih hemat,” ujarnya. A01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *