Berbagi Kasih di Masa Puasa Ala WKRI di Denpasar

Denpasar[KP]-Ada pemandangan menarik yang terjadi di Jl Hayam Wuruk Denpasar, Minggu sore (24/3/2024). Puluhan wanita paruh baya berseragam lengkap biru hitam tanpa sibuk di ruas jalan yang sangat padat tersebut. Mereka menenteng takjil untuk dibagikan kepada umat muslim di Kota Denpasar dan sekitarnya. Menariknya, takjil yang berisikan bubur kacang ijo dan bubur sumsum itu ternyata dibagikan secara gratis kepada umat muslim yang akan berbuka puasa. Setiap umat muslim yang akan berbuka puasa diberikan secara gratis, masing-masing dua kemasan gelas plastik. Pemandangan ini sangat menarik perhatian banyak orang. Media ini yang kebetulan melewati ruas jalan tersebut mencoba berhenti dan mengamati ibu-ibu cantik berseragam lengkap tersebut. Ternyata mereka adalah para pengurus dan anggota Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Ranting St. Caecilia Cabang Roh Kudus Katedral Denpasar.

Saat dikonfirmasi, Ketua WKRI Ranting St. Caecilia Cabang Roh Kudus Katedral Denpasar Theresia Effita Kurnia Wijaya membenarkan bahwa mereka berbagai takjil bagi warga muslim yang akan berbuka puasa. Dengan tegas, wanita biasa dipanggil Efi itu mengatakan, aksi ini adalah upaya nyata membantu sesama yang sedang berpuasa. “WKRI itu nyata bersaksi dalam masyarakat yang majemuk ini, tidak hanya berbicara, berteori di atas kertas, tetapi langsung bergerak. Salah satunya adalah kita bagikan takjil secara gratis kepada umat muslim yang akan berbuka puasa. Kita kerja yang nyata saja,” ujarnya. Ia mengatakan, WKRI Ranting St. Caecilia Cabang Roh Kudus Katedral Denpasar paham betul, sehingga pembagian gratis itu dilakukan menjelang berbuka puasa. Saat itu umat muslim bisa menerima secara gratis. Mereka yang baru pulang dari bekerja, yang buru-buru tiba di rumah, tidak perlu harus pusing mencari makanan untuk berbuka puasa. “Kita berikan secara gratis, kita berbagi kasih,’ ujarnya.

Ternyata aksi kemanusiaan ini bukan baru pertama kali dilakukan. Menurut Efi, aksi ini sudah empat kali dilakukan selama bulan puasa tahun 2024 ini. Dalam sekali aksi WKRI Ranting St. Caecilia Cabang Roh Kudus Katedral Denpasar bisa berbagi hingga 500 takjil. Lokasinya di seputaran Kota Denpasar. Artinya, hingga saat ini mereka sudah berbagi lebih dari 2 ribu takjil kepada umat muslim yang akan berbuka puasa. Sebanyak tiga kali sebelumnya, pembagian gratis ini dikoordinasikan dengan para pengurus FKKPI Denpasar. Namun untuk selanjutnya, WKRI Ranting St Caecilia Cabang Roh Kudus Katedral Denpasar akan melakukan secara mandiri karena aksi ini menjadi salah satu program dalam rangka menyambut hari ulang tahun WKRI yang memasuki 100 tahun atau satu abad. Rencananya WKRI akan terus berbagi kepada umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. A01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *