Mayoritas Pemulung di Civic Center Renon Tak Pakai Masker

Denpasar [KP]-Setelah sebelumnya membagikan masker dan pelindung wajah (face shield) ke pasar-pasar, giliran pemulung dan pedagang kaki lima (K5) disasar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Provinsi Bali dalam program Aksi Peduli Covid-19 guna memutus rantai penyebaran virus Corona atau  Covid-19, Sabtu (9/5/2020).

Suasana di kawasan pemukiman para pemulung di seputaran Jalan Tantular Renon atau di kawasan civic center Renon memang agak mencengangkan. Nyaris seluruh pemulung yang bermukim di sana, mulai anak kecil hingga orang dewasa tidak menggunakan masker pengaman wajah. Mereka juga beraktifitas seperti biasa, tidak ada jarak sosial maupun jarak fisik. Saat PWI Bali membagikan masker barulah sebagian dari mereka mengenakan masker.

“Kali ini kami menyasar warga yang notabene pekerjaannya sebagai pemulung dan pedagang kaki lima (K5) di sekitar Renon,” ucap Koordinator PWI Bali Peduli, Dewa Suta Sastradhinata didampingi pengurus PWI dan IKWI Bali di sela kegiatan sosial bagi-bagi masker gratis di seputaran Jalan Tantular Denpasar.

Dari pengamatannya di lapangan, masih ada warga yang belum menyadari pentingnya menggunakan masker sebagai salah satu alat pelindung diri (APD) untuk mencegah terpapar Covid-19.

Bertitik tolak dari fakta di lapangan tersebut, kata Dewa Sastra yang juga Wakil Ketua Bidang Advokasi/Pembelaan Wartawan PWI Provinsi Bali, IKWI menggandeng PWI Provinsi Bali berinisiatif menggelar aksi sosial dengan menyasar warga yang notabene bekerja sebagai pemulung atau memungut barang-barang bekas.

“Di sekitar sini kan banyak pemulung, banyak yang belum menggunakan masker, jadi masker dan pelindung wajah (face shield) bantuan para donatur kepada PWI Bali kembali kita salurkan untuk para pemulung dan pedagang kaki lima yang tinggal di seputaran Jalan tantular, Renoin,” tuturnya.

Seperti diketahui, penyaluran masker dan pelindung wajah selain diperoleh dari hasil swadaya atau urunan dana pengurus PWI dan IKWI Bali, organisasi wartawan tertua di Indonesia ini juga mendapat sumbangan dari pihak ketiga seperti PT Jimbaran Hijau, Harris Hotel Sunset Road, DPD Golkar Bali dan juga dukungan dari PT Pelindo III Benoa, Denpasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *