Sanur akan Dipasang GeNose untuk Deteksi Covid19

Denpasar[KP]-Kawasan wisata Sanur Denpasar akan dipasang alat pendeteksi Covid19, GeNose, pada setiap pintu masuk. Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengatakan, pemasangan alat pendeteksi Covid19 buatan anak bangsa dari UGM ini dilakukan karena kawasan wisata Sanur saat ini sudah ditetapkan sebagai kawasan zona hijau pariwisata yang akan terbuka untuk umum. “Sanur adalah bagian dari tiga kawasan wisata di Bali yang ditetapkan sebagai zona hijau kawasan wisata selain Ubud dan ITDC Nusa Dua. Sebagai zona hijau maka kawasan itu harus bersih dari Covid19. Salah satunya kami akan berkoordinasi dengan pusat untuk memasang alat pendeteksi Covid19 GeNose di seluruh pintu masuk Sanur. Tujuannya, semua orang yang masuk ke Sanur adalah orang yang bersih dari Covid19. Satu saja yang terpapar maka batal semuanya,” ujarnya di Denpasar, Rabu (10/3/2021).
Pemasangan GeNose tersebut dilakukan saat Sanur terbuka untuk umum nanti. Jadi siapa pun yang datang ke Sanur harus melewati pemeriksaan GeNose. Bila masih terpapar makan akan ditolak atau dipulangkan atau dilarang masuk ke kawasan wisata Sanur. “Namanya kawasan hijau, ya harus hijau. Tidak boleh ada satu pun yang terpapar. Tanpa kecuali, apakah wisatawan lokal, Nusantara, mancaenegara. Benar-benar bersih,” ujarnya.
Selain pemasangan alat GeNose, Pemkot Denpasar saat ini akan mengutamakan vaksinasi seluruh warga di Sanur. Seluruh wilayah Sanur yang terdiri dari satu kelurahan dan dua desa akan diprioritaskan vaksinasi dalam waktu dekat. Selain warga asli Sanur, juga seluruh pekerja pariwisata. “Sampai saat ini kami masih mendata jumlah persisnya berapa yang akan divaksin. Sebab, jumlahnya, bukan hanya saja warga yang ber-KTP Sanur tetapi semua warga ada di kawasan itu. Artinya, termasuk mereka yang selama ini bekerja di Sanur, di berbagai sektor pariwisata, hotel, restoran, destinasi, dan juga termasuk seluruh warga tanpa kecuali yang tinggal dan menetap di Sanur,” ujarnya.
Skala prioritas vaksin ini dilakukan secepatnya untuk menjadi salah satu syarat kawasan zona hijau pariwisata. Semua orang yang ada di Sanur, warga asli Sanur, warga yang tinggal dan menetap di Sanur, warga yang keluar masuk karena bekerja di Sanur, seluruhnya akan diprioritas vaksinasi Covid19. “Karena itu kami masih melakukan pendataan, berapa jumlah persisnya. Mohon kerja sama semua pihak untuk mendaftarkan warganya, pegawainya, agar bisa menerima vaksin secepatnya,” ujarnya. A01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *