Gereja Katolik Kita Gencar Vaksin Umatnya

Denpasar[KP]-Gereja Katolik St. Fransiskus Xaverius Kuta Bali menargetkan untuk menjadikan kawasan gerega menjadi zona hijau. Target ini sesungguhnya sejalan dengan upaya pemerintah setempat agar seluruh destinasi wisata di Bali termasuk kawasan Kuta dan sekitarnya menjadi zona hijau. Pastor Paroki St Fransiskus Xaverius Kuta Bali, RD. Evensius Dewantoro Boli Daton, Pr saat dikonfirmasi, Rabu pagi (21/4/2021) mengatakan, sebagai sebuah gereja katolik yang ada di kawasan wisata Kuta Bali, pihaknya harus bergerak cepat untuk menjadikan areal paroki dan sekitarnya menjadi zona hijau. “Hari ini kami melakukan vaksinasi tahap pertama untuk menuju Kuta Green Zone. Vaksinasi ini diperuntukan bagi umat paroki dan masyarakat sekitar. Kami menargetkan agar seluruh umat paroki akan divaksin dua tahap sesuai jadwal dan ketentuan yang ada,” ujarnya.
Untuk mencapai hal tersebut, pastor yang sempat berbahasa Arab dengan Raja Salman ini meminta dan menghimbau agar seluruh umat paroki segera menghubungi Faskes terdekat untuk divaksin. Akses ke Faskes bisa dilakukan secara online melalui pemerintah setempat dan berbagai lembaga atau unit kerja masing-masing. Targetnya, sebelum Juli 2021, seluruh umat paroki sudah mendapatkan vaksin. Bagi yang tidak mendapatkan akses ke Faskes bisa dilakukan vaksinasi di Paroki namun tetap mengikuti prosedur, tahapan, dan kuota yang disiapkan.
Untuk vaksinasi di Paroki, panitia memilih tempat di area parkir basement dan ruang serbaguna (ruang kaca) yang pada hari sebelumnya telah dipersiapkan dengan baik oleh umat dan petugas. Kegiatan vaksinasi merupakan inisiatif  dari Romo Venus selaku pastor paroki dengan tujuan agar umat dan masyarakat sekitar bisa sesegera mungkin mendapatkan vaksin sesuai dengan program pemerintah. Selaku penanggungjawab kegiatan, Romo Venus menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak terkait  yakni, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, Camat Kuta, Kepala Puskesmas Kuta, dan Kelian Banjar yang sudah memfasilitasi dan bekerjasama dengan gereja untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi ini. Ia berharap agar semua umat yang sudah divaksin tetap  disiplin menerapkan  protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi.
Ketua DPP Paroki Kuta Bali, Antonius Halim menyampaikan terima kasih kepada Romo Paroki dan seluruh pihak yang terlibat dalam acara vaksin tersebut. “Saya sangat berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat sehingga vaksinasi ini boleh berjalan lancar juga ucapan terimakasih saya sampaikan kepada Romo Paroki yang sudah sangat antusias untuk melaksanakan kegiatan ini sehingga sekitar 300 vaksin sudah boleh diterima umat dan masyarakat yang hadir,” ucapnya. Kegiatan Vaksinasi rencananya akan diselenggarakan selama 4 hari kedepan, sampai dengan hari Jumat, 24 April 2021 yang secara khusus diperuntukan bagi umat dari 10 Lingkungan di Paroki St. Fransiskus Xaverius Kuta dan juga bagi masyarakat sekitar.  A01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *